buku · loveable · Sanaz Nadya · Teen Fiction · Wattpad

[Review] Freya – Sanaz Nadya | Blue Hood.

Judul: Freya

Penulis: Sanaz Nadya

Penerbit: Loveable

Jumlah Halaman: 324 Halaman.

ISBN: 978-602-6922-40-3

Sinopsis

Freya Anindita. Dialah gadis polos yang memendam perasaannya pada Kai Lucifier, sejak kelas satu SMP. Jangankan untuk menyatakan cinta, mengobrol pun tak pernah. Di keseharian Freya, ada Lana yang menjadi sahabat dan juga Freda, kakak kembar yang overprotective.

Sejak acara perpisahan SMP, kehidupan Freya berubah. Dia mulai dekat dengan Kai. Terlebih karena mereka ternyata satu SMA. Jantung Freya pun jadi sering berdebar-debar tak keruan karena Kai.

“Frey, kamu tau kenapa aku nggak mau lepasin genggaman kita?” tanya Kai sambil berjalan menuju kantin.

“Nggak tau. Emang kenapa?”

“Karena aku nggak mau ada cowo lain yang genggam tangan kamu.”

Berpacaran dengan Kai ternyata tidak selalu berjalan indah seperti yang Freya bayangkan. Begitu banyak hal yang harus Freya hadapi. Mulai dari Freda yang selalu meminta Freya untuk menjauhi Kai, hingga kakek Kai yang menjodohkannya dengan gadis lain bernama Sarah.

Apakah Freya harus berjuang untuk Kai? Atau… Merelakan Kai untuk orang lain?


About Book

Freya. Aku sudah pernah membaca karya kak Sanaz ini di wattpad, aku udah baca dua kali di wattpad, yang terakhir aku baca karena kak Sanaz bilang bahwa Freya mau diterbitin makanya aku coba baca ulang lagi, supaya tau seberapa besar perbedaan dalam versi cetaknya. Dan ternyata, sama! Gak ada bedanya sama sekali, malah di wattpad itu ada ekstra chapter gitu, yang pas Freya dan Kai nikah, dan part itu lucu, aku suka gimana polosnya Freya yang mau aja di kerjain Fila dan Lana.

Review

Freya adalah tipe cewe yang paling sulit menyembunyikan perasaannya saat senang. Dan satu lagi, dia selalu gugup kalau menyangkut orang yang disukai

Freya itu udah suka sama Kai sejak masuk SMP, dia itu pengagum Kai gitu, soalnya Kai cowo yang perfect banget, ganteng, baik, sopan dan kaya walaupun di playboy.

Entah apa yang membuat Freya jatuh cinta sama Kai segitu dalamnya, tapi cinta kan nggak butuh alasan.

Terkadang, suatu peristiwa yang dianggap sebagai kesialan justru bisa menjadi jalan untuk menuju keberuntungan.

Setelah lulus SMP, Freya bertekad untuk melupakan Kai, karena ia tidak tau Kai melanjutkan SMA dimana, namun yang pas MOS ternyata mereka satu sekolah, satu kelompok pula, yang membuat Freya senang banget, karena pangeran kuda putihnya satu sekolah dengannya.

Namun, Freda, kakak kembar Freya yang overprotective nggak ngebiarin Freya deket-deket sama Kai, dan Freda akhirnya mengumumkan bahwa Freya itu pacarnya, dari situlah perasaan ingin memiliki dan kesal saat melihat Freda dan Freya berdekatan menghampiri perasaan Kai.

Tapi setelah tau bahwa Freda bukan pacar Freya melainkan Kakaknya, Kai jadi lega dan berusaha mendekati Freya dan langsung menyatakan cintanya.

Setelah pacaran, mereka itu lengket banget, gak bisa dipisahin kayaknya. Kai juga kayaknya cinta banget sama Freya walaupun Freya ceroboh dan polos banget.

“Jangan centil sama cowo lain kalau aku nggak ada, ya. Jangan deket-deket sama cowo lain. Inget, kamu punya aku.” – Kai.

Sampai akhirnya, Kai nggak pernah menghubungi Freya lagi, SMS gak dibalas dan Freya udah galau pake banget. Mau nyerah tapi cinta, dan Fila selalu meyakini Freya untuk tetap berjuang apapun yang terjadi begitu pula dengan Kai.

“Kalau ada sesuatu terjadi, aku akan tetap berjuang untuk mempertahankan hubungan kita. Jadi, jangan pernah menyerah untuk percaya sama aku, ya?” – Kai.

“Dia sayang sama lo. Dia cuma belum bisa menemukan waktu yang tepat untuk jelasin semuanya. Percaya sama dia, oke?” – Fila.

Di dalam cerita ini kita akan di suguhi bermacam-macam karakter pada pemerannya, Lalu alurnya tidak terlalu cepat dan bertele-tele jadi pembaca tidak akan bosan untuk membacanya, dan aku hanya butuh 7 jam untuk menyelesaikan Freya versi cetak, walaupun aku udah hafal banget Freya karena udah pernah baca di wattpad, tapi aku seneng banget baca cerita ini. Ceritanya ringan, asik dan enak banget di baca waktu santai dan lagi liburan gini, baca Freya membuat kita senyum-senyum gak jelas saat melihat kecerobohan Freya atau melihat Kai menggoda Freya yang membuat Freya selalu blushing.

The Characters


Freya, cewe yang ceroboh, polos dan bodoh banget. Yang sangat menyukai Kai sejak lama dan gak pernah mau berdekatan dengan Kai, yang sempat membuat Kai binggung karena Freya gak pernah bertegur sama kepadanya padahal ia sekelas waktu kelas 9.

Kai, Cowo yang populer dan sangat kaya, di gandrungi para perempuan di sekolahnya. Playboy tapi gak pernah menyatakan cinta kepada cewe karena Kai pacaran bukan kemauannya sendiri melainkan cewe-cewe itu yang selalu meminta Kai untuk jadi pacaranya, karena Kai nggak enak menolak cewe akhirnya Kai mau berpacaran dengan cewe-cewe itu, namun berbeda saat ia bertemu dan dekat dengan Freya, dia jatuh cinta dan untuk pertama kalinya dia mengatakan cinta untuk seorang cewe.

Freda, Kakak kembar Freya yang overprotective banget, menurutnya kebahagiaan Freya adalah segalanya, apalagi setelah Ayahnya meninggal dan dia adalah satu-satunya laki-laki di keluarganya yang mengharuskan ia menjaga Freya dan Ibunya. Karakter Freda disini berbeda dengan Freya, dia ganteng, pintar makanya dia menjadi senior Freya yang pas SMA karena dia mengikuti kelas akselerasi, dan selalu berhati-hati. Kadang aku mikir bahwa semua kekurangan Freya gara-gara diambil oleh Freda pas mau pengambilan otak haha😄

Sebenarnya ada beberapa karakter lagi seperti; Sarah, Daffa, Fila, Lana, dan Vanessa.

Quotes


“Kedewasaan tidak terikat oleh umur.” – Kai.

“Gue punya keyakinan, kalau orang baik pasti akan di pertemukan dengan yang baik pula.” – Freda.

“Lo masih pacaran, belum menikah, nggak usab terlalu dalam menyimpan perasaan. Kalau suatu saat kalian nanti dipisahkan, hati lo nggak sepenuhnya hancur.” – Freda

“Dari dulu aku selalu percaya kalau kita berusaha, pasti akan membuahkan hasil yang terasa indah. Tapi… Kalau orang yang pengin aku ajak berjuang bersama nggak peduliin aku, apa semuanya masih ada artinya?” – Freya.

“Semua orang tentu ingin bahagia, tapi nggak selamanya apa yang kita inginka itu terkabul. Percaya, apa yang terjadi saat ini pasti akan memberikan kejutan manis di akhirnya.” – Fila.

“Meski nyakitin, kejujuran itu lebih penting dari apapun.” – Freya.


Kelebihan

Kelebihan cerita ini ialah, cerita yang ringan dan manis banget buat dibaca, seperti yang aku bilang tadi, ceritanya gak betele-tele dan terlebih gak monoton.

Gak banyak typo bertebaran, typo bisa dihitung dengan jari, paling hanya kurang kutip atau ada beberapa kata typo itu masih bisa ditoleransi karena buku Freya aku cetakkan pertama.

Sampul buku yang baik, gak ada cacat dan juga cover yang cantik banget, menggambarkan Freya banget lah pokonya.

Kekurangan

Ceritanya sama banget kayak yang di wattpad, dan gak ada ekstra chapternya lagi, jadi membuat aku sedikit menyesal membeli buku ini, menyesal karena udah baca ini berulang kali di wattpad, kalau bisa sih ada sedikit perbedaan aja dikonfliknya atau tambahin beberapa biar yang beli gak terlalu menyesal.

Lalu gak ada tulisan halamannya, gezz, di bawah halaman ada gambar kamera aja, seharusnya di tengah kamera itu ada angka halamannya biar aku gak ribet gitu, emang sih sepele tapi entah kenapa aku gatel banget, soalnya halaman itu penting juga menurut aku, makanya Quotes aku, gak aku kasih halaman tapi siapa yang berbicara hehe.

Overall

Cerita ini Reccomended banget buat yang suka sama cerita teenfiction atau yang belum baca cerita ini di wattpad karena keburu di terbitin.

“Dia adalah cewe terbodoh yang pernah gue kenal selama ini. Dia cewe lemah, ceroboh, dan terlalu polos.” Kai tertawa. “Dan itu sukses bikin gue kayak orang sinting. Bener-bener bikin gue penhin ngawasin dia 24 jam.” – Kai.

Advertisements

One thought on “[Review] Freya – Sanaz Nadya | Blue Hood.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s