Bentang Pustaka · buku · Clara Canceriana · Romance

[Review] Happiness is You – Clara Canceriana | Blue Hood.

Hai, i’m come back!

Masih inget sama review aku yang Table For Two karya kak Dy?

Kali ini aku akan mereview novel dari series Bentang sport lainnya, yaitu HAPPINESS IS YOU dari kak Clara Canceriana.

Pertama, sedikit cerita tentang Novel Happiness is You. Cerita ini adalah cerita series sport dari Bentang, proyek ini bercerita tentang remaja yang bertema sport tapi bukan yang umum di ceritakan novel lain, yang masih minor dikalangan para penulis dan pembaca. Dan kak Clara memilih profesi baseball. Selain Happiness is You ada juga Table For Two dari Dy Lunaly dan Another Half of Me dari El Puspita, itu sih yang aku tau. Dan setelah aku cari tau, ada 2 lagi yaitu Let’s Break Up dan My Favourite Distraction.

Kalian bisa baca review Table For Two juga diblogku.

Judul: Happiness Is You

Penulis: Clara Canceriana

Penerbit: Bentang Pustaka

Jumlah Halaman: 288 Halaman

ISBN: 978-602-1383-62-9

Sinopsis

Aloy dan Keira kelihatan sudah saling suka sejak lama, tapi mereka sama-sama nggak mengungkapkannya, demi status sakral bernama persahabatan. Lalu, Arsen, anggota baru klub baseball Aloy, masuk ke dalam lingkaran hubungan mereka. Lebih jauh lagi, Arsen mencoba mengetuk pintu hati Keira.

Melihat Arsen dan Keira semakin dekat, Aloy menyadari sesuatu mulai bergejolak di dalam hatinya. Sejak itu, Aloy bersikap aneh. Hidupnya jadi berantakan. Hubungannya dengan Keira memburuk. Interaksinya dengan Arsen di lapangan juga kacau. Ini membawanya pada konflik besar di klub baseball. Masalah yang mengancam masa depan Aloy sebagai atlet muda bersinar.

Jika orang sering bilang, yang berharga itu baru terasa setelah kehilangan, mungkin itu berlaku bagi Aloy. Belum terlambatkah jika sekarang Aloy ingin merebut kembali yang berharga itu untuknya?


Review

Pada halaman pertama, kita akan melihat gambar tentang permainan baseball. Tadinya aku gak ngerti banget sama permainan baseball dan kak Clara membuat para pembacanya menjadi lebih mengerti, bukan hanya di awal ternyata di belakang juga ada gambar-gambar mengenai dunia baseball, dan itu makin buat aku suka sama cerita ini.

“Dulu ada yang bilang ke gue. Bukan apa tujuannya bermain baseball, tapijustru baseball itu sendiri yang menjadi tujua hidupnya. Karena lepas dari kenyataan bahwa dia menyukai baseball, hidupnya jauh lebih baik setelah kenal dan main baseball.” – Hal. 174

Sejak dulu Aloy dan Keira bersahabat. Mereka seperti sudah mengenal satu sama lain. Mereka juga sama-sama mencintai dunia baseball. Hingga, ada suatu hal yang membuat Keira tidak dapat bermain softball lagi. Padahal kakaknya -Remi, adalah pelatih baseball sejak lama.

Namun kehadiran Aloy dalam kehidupan Keira menjadi penyemangat tersendiri. Keira masih dapat menikmati dunia baseball dengan menjadi supporter Aloy dalam setiap tournamentnya.
Aloy sendiri merupakan anggota tim inti Berjaya yang berposisi sebagai catcher atau penangkap bola. Di tim Berjaya Aloy bersahabat dekat dengan Arsen. Arsen juga bermain sebagai pitcher atau pemegang kendali dalam sebuah permainan baseball.

“Sama kayak baseball. Banyak kesempatan yang ada sampai akhirnya bisa mukul atau pitching yang bagus. Tapi, kadang nggak banyak yang sadar dan malah bersikap arogan, cuma mau menang. Lupa kalau kesempatan itu ada untuk ngebuktiin usaha kita. Karena meski gagal, nggak mesti kalah dan mesti berhasil, nggak berarti menang.” – Hal. 46

Hingga akhirnya, Arsen mencoba mendekati Keira karena Arsen sudah suka sama Keira sejak pandangan pertama, saat Arsen melihat Keira berada di pinggir lapangan untuk menyemangati Aloy.

“Kamu itu kayak baseball. Simple, tapi susah untuk benar-benar memahami kamu.” – Hal. 148

Keira yang tidak mendapatkan kepastian hubungan dari Aloy pun memberanikan diri untuk mendekat ke Arsen, mencoba membuka hatinya untuk orang lain.

Tema friendzone memanglah tema yang mainstream. Yang membuat berbeda novel ini adalah adanya unsur olahraga, yaitu baseball. Olahraga ini memang jarang dibahas karena olahraga ini memang masih asing untuk masyarakat kita, aku saja hanya pernah menonton drama atau film Amerika Serikat yang bertema baseball, karena di Amerika olahraga ini sangat di gemari oleh para remajanya.


Point of View

Happiness is You menggunakan POV ketiga sebagai sosok penulis yang tau akan segala hal. Penulis menempatkan dirinya dengan baik. Dia paham betul jika pembaca Indonesia masih asing akan dunia baseball dan softball, karena itu di novel ini disertakan beberapa catatan kaki mengenai beberapa istilah olahraga yang muncul. Penulis juga tidak lupa menambahkan beberapa ilustrasi mengenai permainan baseball dalam novel ini. 

Riset yang dilakukan kak Clara tentang topik baseball juga terlihat matang. Pertama kali aku kira kak Clara itu hobi main baseball, atau menyukai olahraga Baseball, namun ternyata pengetahuan akan baseball kak Clara itu nol besar! Aku berdecak kagum dengan kak Clara! Kak Clara bisa sangat tau seluk beluk dari dunia baseball itu sendiri padahal sebelum ia menulis cerita ini, dia tak tahu menahu tentang baseball, jadi aku sebagai orang awam dapat mengerti dengan cukup detail.

The Characters

“The stronger you love someone, the more you can’t tell the truth.” – Aloysius Putra Pratama.

Aloy adalah sosok yang egois, mudah mengambil kesimpulan sendiri dan keras kepala. Aku gak terlalu suka sama sikapnya Aloy, tapi lambat laun aku menyadari bahwa Aloy itu memang seperti itu sosoknya, sosoknya yang nyebelin buat aku gedek setengah mati! Apalagi masalah yang membuatnya hampir mengancam masa depannya sebagai pitcher muda berbakat Indonesia. Itu adalah hal yang paling bodoh yang Aloy lakukan, untung aja pelatih Berjaya mau menarik kembali ucapannya.

“I just want to protect this little part of love, can’t you see?” – Keira Natasha.

Keira adalah sosok yang ceria, dan mudah berteman dengan siapa saja, itu yang membuat Arsen jatuh cinta dengannya.

Keira juga battery bagi Aloy, penyemangat Aloy saat bertanding ialah Keira.

Punya supporter itu kayak punya nyawa tambahan yang bikin lo berani ngadepin apa pun di dunia ini. – Hal. 30

3.  Arsen

Cowo blasteran Belgia-Indonesia ini adalah cowo yang paling aku suka di novel ini. Karakternya yang friendly, mudah tersenyum, mudah mengalah membuat Arsen mudah dicintai.

Hanya saja, Arsen tidak selalu beruntung, itu yang membuat aku menyayangkan sosok Arsen disini, tapi aku tetap #TeamArsen kok, hehe.

Overall, buat kamu yang mau baca novel yang unik, antimainstream dan suka sama olahraga yang sangat minor di kalangan para penulis dan pembaca, novel ini pantas dijadikan wishlist selanjutnya. Unik, sederhana dan paket lengkaaaaaaaaap!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s