buku · J-Lit · penerbit haru · Sumino Yoru

[Blog Tour] I Want to Eat Your Pancreas – Sumino Yoru | Blue Hood.

Judul: I Want To Eat Your Pancreas

Penulis: Sumino Yoru

Penerbit: Haru

Jumlah Halaman: 308 Halaman

Penerjemah: Khairun Nisak

Pemeriksa Bahasa: Andry Setiawan

Penyunting: Cerberus404

Penyelaras Aksara: Titish A.K

Desainer Sampul: emsn32

Penata Sampul: @fadiaaaa_

ISBN: 978-602-6383-14-3


Sinopsis

Aku menemukan sebuah buku di rumah sakit. Judulnya Cerita Teman si Sakit. Pemiliknya adalah Yamauchi Sakura, teman sekelasku. Dari sana aku tau dia menderita penyakit pancreas. Buku itu adalah buku harian rahasia miliknya.
Namun gadis itu tidak seperti orang sakit. Dia seenaknya sendiri, dia mempermainkan perasaanku, dia suka menggodaku. Dan dia… mungkin dia mulai menarik hatiku.


The Book

❝Padahal kau atau aku bisa saja meninggal besok. Tiap satu hari nilainya sama saja, kok. Nilai satu hari bagi setiap orang itu sama. Jadi tidak peduli apa yang sudah kulakukan, yang jelas nilai hari-hariku tidak akan ada bedanya dengan hari-harimu.❞ — Hal.15

Yamauchi Sakura, gadis ceria dan populer di kelasnya ini tak seceria kelihatanya. Ia mempunyai penyakit mematikan yaitu penyakit pancreas yang membuat hidupnya tidak lama lagi. Kurang lebih hanya beberapa tahun saja perediksi dari dokter.

Tidak ada yang tau tentang penyakitnya selain keluarga, bahkan Kyoko sahabat Sakura sejak lama tidak mengetahui hal yang sangat serius ini.

Sampai akhirnya ‘Aku’ menemukan buku Catatan Teman si Sakit dan membacanya sekilas yang ternyata itu milik teman sekelasnya, Sakura.

‘Aku’ kira Sakura akan mengelak tentang penyakitnya, namun Sakura malah menceritakan penyakitnya kepada ‘Aku’ tanpa beban. Seperti memang mereka sudah dekat sejak lama.

Sejak saat itu, Sakura menganggap ‘Aku’ sebagai teman dekatnya, bahkan Sakura mau menjadi anggota perpustakaan bersama ‘Aku’

❝Kalau ada hal yang bisa kusyukuri karena berhadapan dengan kematian…adalah hal itu. Setiap hari, aku menjalani hidup sambil berpikir bahwa aku hidup.❞ — Hal. 64

Teman sekelas langsung heboh mengetahui jika Sakura ini dekat dengan ‘Aku’. Mereka bahkan sudah pergi kemanapun yang Sakura mau, kata Sakura sih ia ingin melakukan apapun sebelum mati.

❝Lebih baik pergi ke tempat yang ingin kau kunjungi sebelum mati.❞ — Hal. 85

Tentu saja tidak semudah itu ‘Aku’ mau melakukan apapun dengan Sakura. ‘Aku’ terpaksa melakukan itu karena Sakura selalu membahas tentang kematiannya yang semakin dekat.

❝Aku akan mati. Aku sudah tahu sejak beberapa tahun lalu. Aku bisa berdiri sampai saat ini berkat perkembangan ilmu kedokteran. Seperti itulah kira-kira. Gejalanya tidak terlihat. Umur bisa sedikit diperpanjang. Tapi aku pasti akan mati. Katanya, entah bisa bertahan setahun lagi, atau tidak.❞ — Hal. 74

Berbeda dengan Sakura, ‘Aku’ ini adalah cowok Hikikomori yang artinya cowok antisosial.

‘Aku’ bahkan tidak mempunyai teman sedikitpun sebelum ia bertemu dengan Sakura. Ia lebih suka menyendiri sambil membaca novel, pergi ke Perpustakaan atau ke toko buku.

Hidup ‘Aku’ monoton, tapi ketika bertemu  dengan Sakura, ia keluar dari zona nyaman, ia mulai membuka diri dan berinteraksi dengan orang. ‘Aku’ bukan lagi cowok Hikikomori.

Review

Aku mau makan pankreasmu.

Baru baca halaman pertama aja langsung disuguhi dengan perkataan horror gini. Tapi ini sih yang ngebuat aku makin penasaran sama isi ceritanya.

Pertemuan yang tidak di sengaja antara ‘Aku’ dan Sakura mengubah segalanya.

Dari tadi, kenapa sih dipanggilnya ‘Aku’ terus? Siapa yang gak penasaran sama nama asli ‘Aku’ ini?

‘Aku’ pasti dipanggil dengan <Teman Sekelas Yang Tau Rahasiaku>-kun atau <Teman Sekelas yang Pendiam>-kun dan masih banyak lagi. 

Nama ‘Aku’ ini bikin aku penasaran banget, tapi pada bab akhir kalian juga akan tau nama asli ‘Aku’ ini yang ngebuat aku kesenangan karena akhirnya tahu namanya! finally!

Lalu, ada satu novel yang dipinjam ‘Aku’ dari Sakura yang belum sempat ‘Aku’ baca dan ia kembalikan kepada Sakura. Novel itu berjudul Le Petit Prince atau Pangeran Cilik karya Saint Exupery.

Aku pernah baca Le Petit Prince, bukunya tipis banget dan kayak dongeng gitu tapi enggak pantes deh kayaknya dibaca anak kecil. 

Interaksi antara ‘Aku’ dan Sakura itu bikin aku senyum-senyum sendiri. ‘Aku’ yang kaku berinteraksi dengan orang lain dan Sakura yang bawel dan ceplas-ceplos ini membuat interaksi mereka tercipta dengan sangat manis.

Baca novel ini kita juga di ajak jalan-jalan ke beberapa daerah di Jepang loh! Makanan yang mereka makan bikin ngiler, tempat-tempat yang mereka datangi juga keren, jadi pengen ke Jepang deh.

Lalu, banyaknya catatan kaki yang memudahkan para pembaca untuk tau lebih dalam lagi tentang kata yang sulit dipahami bikin cerita ini lebih enak di baca.

Novel ini juga konflik nya nggak terlalu banyak kok, yaa paling cuma Sakura yang selalu ngomongin ‘kematian’ dia yang sebentar lagi akan tiba. Sumpah agak kesel sama Sakura kalau dia ngomong tentang ‘sebentar lagi aku mati.’ dan aku nggak mau dia mati.

Dan yah, cerita ini emang nggak Happy Ending, nggak kayak cerita-cerita yang sekarang lagi booming di Indonesia. Cerita ini itu lebih real bagi aku, dan semua orang pasti akan meninggal. Aku sedih banget pas Sakura meninggal. Apalagi yang pas ‘Aku’ itu nangis, di bagian itu aku tertawa membayangkan ‘Aku’ nangis kayak gimana tapi aku sadar kalau mata aku juga berkaca-kaca.

Hhhh. Aku emang anaknya baperan banget, tapi serius deh cerita ini itu campur aduk banget. Sedih, seneng, bikin ketawa, nyebelin juga. I Love it.


Quotes

❝Aku menyadari sesuatu. Semua manusia memang tidak terlihat jika sebenarnya akan mati. Aku, orang yang dibunuh oleh penjahat, juga gadis ini, masih hidup sampai kematin. Kami hidup tanpa menunjukkan tanda-tanda akan mati. Jadi begitu rupanya…mungkin itulag yang disebut sebagai nilai hidup siapapun hari ini adalah sama.❞ — Hal. 76

❝Itu bagus. Mungkin dia akan menyadari betapa sia-sianya menghabiskan waktu bersamaku.❞ — Hal. 103

❝Aku terlalu terlena pada waktu setahun yang tersisa dari gadis itu.❞ — Hal. 243


About Movie

Yaaaaa! I WANT TO EAT YOUR PANCREAS juga mau ada filmnya loh! Yang main itu Takumi Kitamura sebagai ‘Aku’ pada jaman SMA, Minami Hamabe sebagai Yamauchi Sakura, Shun Oguri sebagai ‘Aku’ dewasa dan Keiko Kitagawa sebagai Kyoko dewasa.

Film ini di rilis bulan Juni kalau nggak salah di Jepang.

Dilihat dari trailernya, terlihat banget kalau versi novel dan film ada yang berbeda. Di novel seluruhnya bercerita tentang school life tapi di film akan ada ‘Aku’ ketika ia dewasa.

Menarik banget buat di tonton filmnya, setelah baca novelnya aku nggak akan ngelewatin filmnya yang kayaknya akan ngebuat aku baper juga.

Jadi, bagi kalian yang mau nonton filmnya lebih baik baca dulu deh novelnya.

Ada yang mau meluk novel I Want to Eat Your Pancreas?
Akan ada satu eksemplar novel I Want to Eat Your Pancreas di final giveaway di Fanspage Penerbit Haru. 

Caranya gampang banget!

1. Berdomisili di Indonesia

2. Like Fanspage Penerbit Haru

3. Follow akun twitter atau Instagram @imratnasr dan @penerbitharu.

4. Follow blog ini melalui WordPress atau email (opsional)

5. Share artikel ini di medsos kamu. 

– Jika di Twitter, mention aku dan cantumkan hashtag #IWantToEatYourPancreas

– Kalau di Instagram, repost foto yang terakhir aku unggah di akun Instagram, lalu beri #IWantToEatYourPancreas. Jangan lupa buat mention aku ya!

6. Tulis data diri kalian di kolom komentar di blog ini

Nama:

Nama akun (twitter/instagram dan Facebook):

Domisili:

Link share:

7. Jawab semua pertanyaan dari setiap host blog tour IWTEYP

Pertanyaan di blogku adalah:

Apa nama judul buku yang di pinjam ‘Aku’ yang belum sempat ia baca dan kembalikan kepada Sakura?❞

Tulis jawabannya di final giveaway di Fanspage Penerbit Haru setelah seluruh rangkaian blog tour ini berakhir. 

Jadi, kalian simpan dulu jawaban dari semua rangkaian blogtour ini, lalu jawab pada saat final giveaway.

Gimana udah ngertikan? Kalau masih belum mengerti kalian boleh tanya aku lewat twitter atau Instagram.

Oh ya, takutnya blog aku itu Moderasi jadi kalau komentar belum muncul berarti harus aku izinkan dulu yaa, tapi kayaknya udah aku off sih.

Good Luck semua!

Besok, hari terakhir blogtour I Want to Eat Your Pancreas di blog kak Widy Wenny. Jadi jangan sampai ketinggalan ya!

Advertisements

22 thoughts on “[Blog Tour] I Want to Eat Your Pancreas – Sumino Yoru | Blue Hood.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s