Gramedia · Mega Shofani · Teen Fiction

[Review Kilovegram] Mencintai diri sendiri apa adanya. —Mega Shofani.

Bagi remaja zaman sekarang, penampilan adalah suatu hal yang bisa membentuk kepercayaan diri dan status pergaulan di kalangan pertemanan.

Pertemanan diukur dari seberapa kaya sih lo? Seberapa cantik sih lo? tanpa menganggap penting kelakuan dan tingkah diri sendiri atau temen-temen itu.

Aku sendiri nggak pernah sih merasakan hal tersebut di pergaulan pada masa SMAku yang berakhir tahun ini, padahal yaa aku itu cewek paling pendek seangkatan. Walaupun konteksnya berbeda dengan Aruna tapi masih bisa dihubungkan sih karena aku kaum minoritas—karena hampir semua teman-teman aku tinggi—

Jadi, kali ini aku mau membahas novel yang menurut aku bagus banget buat kalian yang menjadi kaum minoritas di sekolah atau lingkungan supaya lebih mencintai diri sendiri apa adanya. Novel ini benar-benar mengajarkan arti sebuah pertemanan, ceritanya yang mainstream namun dibalut dengan sesuatu yang beda (kalau mau tahu maksudnya baca reviewnya yaa!)

Jadi, tanpa basa-basi lagi mari kita ulas novel Kilovegram!

The Blurb.

Judul: Kilovegram
Penulis: Mega Shofani
Penerbit: PT Gramedia Pustaka Utama
Desain sampul: Orkha Creative
Cetakan: Pertama
Terbitan: Jakarta, 2018
Tebal: 272 Halaman
ISBN: 978-602-03-7915-9

Kata orang, Aruna itu sebenarnya cantik, tapi…. gendut.

Iya, Aruna tahu ia gemuk. Ia pun kenyang dan tidak mempan lagi diejek. Habisnya bagaimana? Ia paling sulit menolak makanan, apalagi yang enak. Masakan Mama, misalnya. Atau traktiran Raka, sahabatnya.

Tetapi sikap cuek Aruna mulai berubah setelah Nada, sepupunya yang cantik dan serbabisa, masuk ke SMA yang sama dengannya. Bukan itu saja, Raka terangterangan memuja dan mendekati Nada sehingga membuat Aruna merasa tersisih dan minder. Apa yang harus ia lakukan agar bisa seperti Nada?

Aruna pun memutuskan mulai berdiet. Bagaimanapun caranya, ia harus langsing, langsing, langsing! Ia tidak akan kalah dengan cewek-cewek lain di sekolah dan akan mendapatkan kembali perhatian Raka.

The Book.

Aruna, cewek gemuk yang baru masuk SMA. Hampir setiap hari ia selalu diejek oleh teman-temannya apalagi ia bersahabat dengan cowok most wanted sekolah yang bernama Raka.

Persahabatan yang terjalin dengan Raka memang membuatnya dimusuhi oleh cewek-cewek yang suka sama cowok itu.

Bisa dibilang, Raka adalah satu-satunya sahabat yang Aruna punya, mereka itu friendship goals banget sih kalau menurut aku. Saling mengejek namun tetap saling menyayangi.

Konflik dimulai dimana, Nada, sepupu Aruna sekolah ditempat yang sama dengan Aruna. Tadinya sih dia biasa-biasa aja, malah Aruna seneng banget karena akan mempunyai teman lagi selain Raka.

Nada yang cantik, tinggi dan putih bikin Aruna MINDER PAKE BANGET! Ia menjadi sering membandingkan dirinya sendiri dengan Nada. Apalagi Raka yang terang-terangan menyukai Nada saat pertama kali melihat.

Tadinya, Aruna biasa-biasa aja Raka yang mulai menjauh, memilih untuk bersama Nada dibanding dirinya, namun semakin lama ia semakin merasa kesepian, dan pastinya merasa hampa.

Maka dari itu Aruna pengen tubuhnya langsing dan cantik, dimulailah ia meminum obat pelangsing yang sering banget di spread lewat Instagram atau LINE.

Akankah Aruna berhasil menjadi cantik dan langsing?

Apa lo nggak pengin, Raka setidaknya tahu isi hati lo? Percuma lo berubah dari Upik Abu jadi Cinderella kalau lo nggak membiarkan Raka tahu bahwa yang lo lakukan itu untuk dia, karena suka sama dia.

The Review.

Di buku ini kita akan belajar yang namanya mencintai diri sendiri apa adanya. Mau kalian gemuk, pendek, kulitnya hitam, banyak jerawat dan lain-lain deh pokoknya, be confident aja guys! Karena semua orang pasti punya kelebihan dan kekurangan.

Kalian punya kekurangan? Jadilah kekurangan kalian itu menjadi sebuah kelebihan. Seperti Aruna, kekurangan dia ialah bertubuh gemuk, namun ia menjadikan kekurangannya itu menjadi sebuah kelebihan dengan menjadi seorang model.

Nah, bukan cuma itu aja, pasti dong yaa ada cerita romance yang diselipkan di dalam cerita. Yaa walaupun lumayan mainstream yaitu Friendzone, tapi aku suka banget sama kemasannya. Aku suka berantemnya Raka sama Aruna, sumpah yaa aku jahat banget hahaha, tapi aku suka mereka pas berantem, saling cuek tapi saling peduli. Belum lagi ada Nada diantara mereka, jadi makin berwarna aja gitu ceritanya.

Satu hal yang harus lo tahu, lo nggak boleh terus-terusan ngorbanin perasaan lo sendiri. Bikin semua orang senang itu bukan pekerjaan lo, bukan gue, dan bukan pekerjaan semua orang, Run. Kalau begitu adanya, elo satu-satunya yang paling tersakiti. Emang lo mau, cuma karena mikirin perasaan, lo jadi terus-terusan murung begini? Lagian, perasaan kok dipikir. Perasaan itu ya diungkapin!

Aku sebel banget sama karakter-karakter di novel ini, gemes banget. Aruna sama Raka tuh yaa diem diem bae, tapi paling nyebelin Raka sih, nggak PEKA banget ih jadi cowok, apa semua cowok emang ditakdirkan tidak pekaaa?

Remaja itu masanya hanya sekelebat. SMA tiga tahun, lalu bergulat dengan dunia perkuliahan. Setelah itu bergulat lagi dengan dunia pekerjaan. Kelak kamu akan menemukan Prince Charming-mu, menikah dengannya. Semua itu akan berlalu cepat lho, Nak.

Kalau karakter Nada sendiri sih tipe-tipe cewek cakep gitu hahaha, kalem dan memancarkan sinarnya, wussssh! Tapi yang bikin speechless itu ternyata Nada tipe-tipe Kids zaman now yaa, bayangkan aja dia udah pacaran pas SD dan dia pindah ke rumah dan sekolah Aruna gara-gara putus sama cowoknya! Waduh, gimana entar kalau pas nikah terus cerai ya? Pasti Nada langsung ke luar negeri (tapi amit-amit yaa Nad)

Selain suka sama moral value yang ada di novel ini, aku juga suka covernya, eye catching banget! Belum lagi gambar-gambar yang penulisnya buat yang bikin aku makin berimajinasi, gambar-gambarnya aku lihat di Instagram kak Mega Shofani. Keren cuy!

Aku juga suka gimana perjuangan Aruna yang pengen tampil cantik seperti remaja kebanyakkan, namun caranya aja yang salah, semua itu butuh proses, nggak mungkin secara instant, yang instant tapi enak itu cuma Ind*mie, nah tapi Ind*mie itu aja pakai bahan pengawet yang bisa menjadi malapetaka pada akhirnya, jadi yang instanst tuh nggak ada yang enak, entah di awal maupun diakhir.

Lebih lengkapnya kalian bisa baca sendiri kali yaa, Inget! Cintai diri kalian sendiri, maka kalian akan mengetahui apa kelebihan kalian.

4/5 stars for Aruna dan Keluargaaaa💖

Cinta memang bukan soal ukuran, bukan soal angka pada jarum timbangan, juga bukan soal wajah yang dipoles riasan. Cinta melibatkan lebih dari itu. Yaitu perasaan.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s