buku · Equita Millianda · Pastel Books · Teen Fiction · Wattpad

[Review] Bad Romance – Equita Millianda | Blue Hood.


Judul: Bad Romance

Penulis: Equita Millianda

Penerbit: Pastel Books

Jumlah Halaman: 376 Halaman

ISBN: 978-602-0851-66-2

Genre: Teenlit

Blurb

Nathaniel Adriano Wirasetya adalah seorang cowok yang hobi banget bikin rusuh seantero sekolah. Mulai dari hal sepele kayak telat, bikin kerusuhan, sampai tawuran. Parah? Banget. Tapi statusnya sebagai cucu pemilik yayasan seolah bikin semua peraturan menguap gitu aja kalau udah menyangkut nama Nathan. Katya jengah dengan kelakuan sok berkuasa dan sok gantengnya Nathan. Sampai akhirnya Katya berani melawan, tapi justru malah membuat Nathan semakin menjadi-jadi. Sampai pada suatu hari, hari di mana mereka membuat perjanjian paling laknat sepanjang masa. Dan semuanya berawal dari sana.

—————————————
“Sumpah ini novel the best ever, ngakak banget, romantis banget… aaah author-nya gesrek abisss.”— @JessyMirra

“Yesss, udah 9 kali, sama ini, jadi 10 kali deh, gue baca Bad Romance. Entah kenapa gue gak pernah bosen baca ni cerita, ceritanya menarik & seru!” — @nstynKirana

The Book

Nathan dan Katya bagaikan anjing dan kucing yang tak pernah bersatu.

Nathan, adalah sosok berkuasa di sekolahnya, biang onar dan  dan suka bikin kerusuhan. Tapi mau bagaimana lagi? Nathan adalah cucu dari pemilik yayasan disekolah yang membuatnya jadi bisa bebas berekspersi tanpa takut di drop out dari sekolah.

Beda lagi sama Katya, menurut Katya spesies kayak Nathan ini harus banget di basmi kayak hama! Cowo yang gak punya otak yang selalu berlindung di bawah kekuasaan orangtua atau kakeknya semata.

Bagi Katya, Nathan itu satu dari sekian orang yang nggak punya otak. Enggak mikir, bahwa apa yang dia lakukan selama ini buang-buang uangorangtua. Enggak mikir, bahwa perbuatannya bodoh, dan apa yang dia perbuat itu mungkin aja nyakitin orang-orang. — Hal.26

Sampai suatu hari, Nathan yang lagi malakkin anak SMP digagalkan oleh Katya yang nggak sengaja melihat. Harga diri Nathan jatuh, masa iyaa Nathan kalah sama cewe macem Katya di depan anak SMP? Lalu muncullah ide dari teman Nathan yang menurut Nathan itu brilian banget! Yap! Nantangin Katya buat jadi pacarnya, yang minta putus duluan akan kena hukuman yaitu jadi pembantu yang menang.

“Astaga, gue nggak tahu lagi yang mana yang lebih laknat. Jadi pacarnya, atau jadi pembantunya?” — Hal.14

Pertama, Katya ogah banget, ngapain lagi ikutin tantangan laknat orang gila macem Nathan? Tapi setelah di bujuk dan di pojokin, Katya mau walaupun setengah hati pake banget.

Aneh banget gak sih melihat Nathan dan Katya pacaran? Musuh bebuyutan tiba-tiba pacaran? Sekolah jadi gempar mendengar kabar itu. Lalu cewek yang bernama Kiara merasa kalau yang berhak memiliki Nathan cuma dirinya, bukan cewek biasa kayak Katya.
Tak disangka Nathan punya sisi yang begitu mengejutkan di mata Katya. 

Di sini, ada gejolak yang dirasa. Belum lagi dengan rahasia-rahasia yang dimiliki Nathan. Ternyata Nathan bukanlah cowo yang harus dihindari, melainkan dirangkul agar tetap berdiri tegak.

Katya lagi-lagi terdiam. Kini, dia mengerti mengapa Nathan menjadi pribadi yang begitu menyebalkan, egois, dan tidak memikirkan perasaan orang lain. Semuanya karena keluarganya. Dia membuat onar bukan karena nakal, tapi semata-mata ingin mendapatkan perhatian orang. Dia bersikap sok berkuasa, bukan karena sombong. Tapi, hanya ingin didengarkan. Dia bersikap egois bukan karena kekanakan, tapi sekedar ingin mendapatkan apa yang dia mau. Mungkin selama ini, dia tidak pernah mendapatkan semua itu. — Hal.70


Review

Bad Romance! Teen fiction yang manis banget buat dibaca, dulu sempet baca di wattpad karya kak Milli ini, cuman nggak sampai habis karena waktu itu handphone ilang dan aku gak suka baca wattpad di laptop, rasanya beda aja gitu.

Nah pas handphone udah ada, tau-tau Bad Romance udah mau diterbitin aja, WOW seneng banget pokoknya, 6 juta viewers di wattpad adalah pencapaian yang didapat kak Milli.

Kisah anak SMA memang paling diminati di kalangan pembaca, karena mungkin semua umur bisa membacanya, nah termasuk Bad Romance ini.

Covernya Ajibb banget, aku suka covernya cause sometimes i judge a book by it’s cover and yeaaah Bad Romance covernya ciamik banget, menggambarkan Nathan-Katya banget lah.

Bahasa yang digunakan juga manis banget, anak SMA banget lah pokoknya, dan aku yang anak SMA ini masih nyambung sama bahasa gaul anak SMA Kak Milli, jadi kangen sekolah deh, Benci jadi Cinta, seru-seruan bareng temen.

Latar disini itu Bandung! Walaupun gak pake bahasa sunda ieu teh, pake bahasa anak Jakarta banget lah, soalnya aku kira ini anak SMA Jakarta, yang gaul gitu ehh ternyata urang Bandung. Coba aja kak Milli lebih digali lagi buat tata bahasanya, yaa walaupun ada kata Aa, Teteh tapi aku rasa itu belum cukup untuk melatarkan Bandung sesungguhnya.

Konflik di Bad Romance juga asik banget, aku dibuat greget, sedih, ketawa, baper di dalam novel ini. Ceritanya juga gak cepet dan gak lama banget, intinya pas dan nggak rela buat lepas dari sosok Nathan ini. Novel ini bukan hanya bercerita tentang cinta anak SMA yang masih mencari jati dirinya, ini juga tentang keluarga, dan persahabatan. Nggak heran deh cerita ini dibaca 6 juta viewers di wattpad.

Sudut Pandang cerita ini bisa di bilang campur. Kadang POV 3 (yaitu POV Author) dan kadang POV 1 milik Katya. Dan kenapa gak ada POV Nathaaaan? Kadang aku bertanya seperti itu, cuman setelah membaca dan terus membaca, kemudian aku mengerti bahwa cerita ini milik Nathan, banyak rahasia yang ada pada diri Nathan, jadi kalau Nathan dibuat sudut pandangnya gak ada lagi magic-magic dalam cerita ini yang buat terkejut para pembaca.

Tokoh Nathan dan Katya pun kuat dan nggak berubah-ubah, maksud dari berubah-ubah ialah karakter Nathan yang biang onar gak tiba-tiba langsung baik secara cepat, ada fase yang membuat Nathan kembali pada jati diri sesungguhnya, atau Katya yang judes dan bawel gak jadi diam dan nurut apa yang di perintahkan Nathan, eksekusinya tepat sasaran banget.

Aku pernah liat di Instagram penerbit pastel atau kak Milli gitu aku lupa, kalau cerita Bad Romance ini sebenarnya nggak pernah disangka akan dibaca 6 juta viewers ataupun di terbitkan di penerbit mayor, karena kak Milli membuat cerita Bad Romance dengan segala kekurangan. Bad Romance adalah bentuk kesukaan kak Milli terhadap bacaan yang ia baca diwattpad sampe akhirnya ia ‘bunuh diri’ buat ngarang cerita.

Overall bagi kamu yang suka sama Bad Boy Cassanova, BAD ROMANCE adalah cerita yang patut kamu coba kamu baca, sumpah seru banget. Masa putih abu-abunya tercermin dengan jelas. Baca BR buat aku kembali mengingat Ari dalam Jingga Dan Senja hahaha *kaboooooor*

Quotes

Quotesnya banyak banget, sampe pegel sendiri ngetiknya tapi quotesnya banyakkan berisi tentang kehidupan yang nyentil banget buat kalian (aku juga sih)

“Buka jalan itu, Nath. Biarin orang-orang masuk dan mencoba membantu, paling nggak nemenin lo sampe lo perlahan-lahan sembuh. Buka jalannya pelan-pelan, enggak perlu lebar-lebar. Lo tahu kan,penderitaan yang dibagi itu rasanya lebih ringan?” — Hal. 72

“… lo harus berhenti nutup diri, Nath. Lo nggak bisa terussenyum dan ketawa-ketawa, sedangkan di dalam lo tuh rapuh, rusak, hancur secara perlahan. Senyum mungkin bisa memperbaiki perasaan lo, mengurangi rasa sakit di hati dan jiwa lo, walaupun senyum nggak bisa nyembuhin luka itu. Kenapa lo nggak ngebiarin seorang pun membantu?” — Hal. 72

“Heh, denger ya, cinta itu bukan mainan. Awas lo, mau taruhan, tapi entar beneran pengin pacaran.” — Hal.76

“Cinta bukan sesuatu yang bisa dipaksakan. Mau lo ngelakuin apa juga, kalau hatinya udah kecantol di tempat lain mah ya, mana bisa.” — Hal. 167

“Lo tuh ya, kalau masih sayang, kejar. Enggak usah sok jaim, sok ngejauh. Nyusahin diri sendiri aja tahu enggak, sih? Lo tuh ya, semacem enggak bersyukur. Lo bisa bahagia, tapi kenapa malah milih buat terluka?” — Hal. 324

“Kalau kamu merasa perempuan itu berharga, jaga dia. Jangan pernah kamu main-main sama dia. Jangan pernah bikin dan biarin dia nangis. Karena sekalikamu biarin dia nangis, orang lain yang bakal ngehapus air matanya.” — Hal. 126

Cuma ada dua hal yang nggak bisa lo tutupin di dunia ini: bersin, sama cinta. — Hal. 170

Sakit rasanya melihat orang yang lo sayang tersakiti. Tahu kenapa? Karena cinta adalah dua tubuh, tapi satu jiwa. Maka, saat yang satu tersakiti, keduanya akan merasakan hal yang sama. — Hal. 193

“Saat aku melihat tubuhnya terguyur hujan di tengah dinginnya malam, saat dia rela berdiri di tengah derasnya hujan,sesuatu di dalam sini rasanya hangat. Dipenuhi kebahagiaan. Karena saat itu, aku tahu. Dia memang bertahan untukku. Karena saat itu, aku tahu. Aku memiliki tempat di hatinya. Karena saat itu aku tahu, bahwa aku berarti untuknya.” — Hal. 296

“He is my loved one, and love is not something you can have. Love is something you show. Love is free, love cannot be controlled. When you feel like you own your loved one, you become overprotective. You tied them way too tight. And then, love will leave you, because that is what love do when you tied them way too tight. And of course I don’t want him to leave, isn’t that obvious?” — Hal. 233

“Cowok ngehindar, tuh, cuma karena dua hal. Pertama, dia bosen. Dia mau mutusin lo, tapi dia pengecut. Jadi dia ngehindar, dengan harapan lo bakal capek sendiri kemudian mutusin dia. Kedua, karena dia benar-benar enggak pernah niat sama lo. Karena dia benar-benar enggak ngerasa pernah ngebangun apa pun sama lo. Dia enggak ngerasa ada yang perlu diselesain. Jadi, dia pergi gitu aja.” — Hal. 279

Karena terkadang, seseorang menjauh bukan karena dia berhenti peduli, tetapi lelah karena kepeduliannya sudah disia-siakan. Karena dia ingin berhenti tersakiti. — Hal. 307

Seperti kata orang, jika kamu tidak bisa memperbaiki sesuatu, biarlah waktu yang memperbaikinya. Karena kadang-kadang waktu adalah obat terbaik yang seseorang punya. — Hal. 338

Dan Nathan sudah bersumpah. Mulai saat ini, Katya adalah jantungnya. Katya adalah satu-satunya alasan Nathan tidak akan bunuh diri. Katya adalah alasan Nathan tidak akan meloncat dari jembatan layang saat ini juga. Katya adalah satu-satunya alasan Nathan merasa hidup. Katya adalah satu-satunya hal yang membuat Nathan merasa diinginkan. — Hal. 201

Fix. Yang terakhir itu jleb banget

Rating: ⭐⭐⭐⭐⭐

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s